RSS

Tugas TOU 1 – CIRI – CIRI ORGANISASI

14 Oct

          Pada waktu yang tersedia kali ini saya akan membahas sesuatu hal, yaitu ciri-ciri organisasi. Tentunya kita sudah tak asing lah yaah mendengar kata organisasi. Organisasi adalah sekumpulan makhluk hidup yang saling bekerja-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Dan tentunya manusia yang merupakan termasuk ke dalam makhluk sosial tentunya tidak lepas dari yang namanya organisasi. Dan juga tidak lepas dari yang namanya ilmu organisasi. Adapun ilmu organisasi merupakan ilmu yang penting dimiliki, karena dalam kehidupan kita tidak lepas dari organisasi. Di mulai dari lingkungan yang sederhana dari keluarga, hingga struktur yang rumit seperti organisasi pemerintahan.

          Dengan begitu tentu setiap organisasi baik dari yang sederhana maupun hingga kelas yang rumit pastilah memiliki ciri-ciri organisasi. Dan ciri-ciri organisasi dapat dikatakan seperti berikut: 

– Mempunyai tujuan & sasaran : Seperti halnya Tuhan menciptakan bumi ini dan isinya tentu Dia memiliki tujuan. begitupun dengan organisasi. organisasi yang baik haruslah memiliki tujuan/sasaran yang harus dicapai. Tidak mungkin organisasi dibuat tanpa tujuan. Jikapun ada yang membuatnya tentu organisasi tersebut tidak akan bisa berjalan sebagaimana mestinya dan anggot dari organisasi tersebut pun tentu akan bingung apa sebenarnya yang mereka lakukan. Contoh : organisasi politik yang mempunyai tujuan untuk memimpin bangsa ini menjadi lebih baik walaupun beda artian jika mereka sudah memimpin hehehe😀

– Mempunyai keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati :  DI dalam suatu organisasi selalu ada yang namanya pemimpin dan yang dipimpin yaaa bahasa lainnya atasan dengan bawahan. Setiap organisasi pasti akan ada suatu format struktur mulai dari atasan hingga bawahan. Dan juga tentunya akan terbentuklah suatu tata tertib atau peraturan yang akan di patuhi nantinya. Contoh : Orang tua akan menghukum anaknya jika bersalah atau bisa seperti komandan akan menghukum anak buahnya jika melanggar peraturan.

– Adanya kerja sama dari sekelompok orang : kerja sama merupakan hal yang inti atau bisa dikatakan sebagai jantung sebuah organisasi. Dengan kata lain jika dalam organisasi tidak ada rasa saling kerja sama antar setiap anggota atau siapapun dalam organisasi tentu akan menimbulkan konflik perpecahan. Karena dengan kerja sama yang mumpuni maka suatu organisasi akan menjadi kokoh dan siap menghadapi segala tantangan untuk mencapai tujuan. Contoh : kakak adik dalam keluarga harus saling kerja sama (saling mambantu) misalnya belajar/ bermain bersama. Bisa juga seperti halnya suatu pasukan khusus harus bekerja sama untuk menyelesaikan tugasnya (tujuan).

– Mempunyai koordinasi tugas dan wewenang : Membicarakan tugas dan wewenang tentu setiap struktur dalam organisasi memiliki tugas dan wewenang masing-masing. Entah itu tugas dan wewenang antara pimpinan dengan bawahan, sesama pimpinan, sesama bawahan, dsb dan tentunya memiliki batasan batasan tersendiri juga tugas dan wewenang tersebut. Contoh : komanda pasukan memiliki wewenang untuk menyuruh pasukannya antara menyerang atau bertahan dan tugas pasukan tersebut adalah menuruti perintah komandan tersebut.

          Yaaa pada intinya kita sebagai manusia perlu berorganisasi bahkan tidak bisa lepas dengan organisasi. Semoga postingan ini bermanfaat adanya bila ada kesamaan dalam penulisan harap maklum namanya juga keluar dari otak dan yang sering di denger tentang organisasi yah itu-itu aja hehehe😀. Thanks bor~

 

Nama : Nicholas Arghadi

NPM   : 15112303

Kelas  : 2KA37

 
Leave a comment

Posted by on October 14, 2013 in Uncategorized

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: