RSS

Tugas IBD Rangkuman Tulisan 1-9

29 Jun

     Hei… hei… heiiii… di dalam penulisan hari ini adalah merangkum semua tulisan IBD dari bab pertama hingga yang bab terakhir, dan berikut ulasannya

     DI tulisan yang pertama adalah perbedaan antara “IBD dan IPS” yang sama sama mendekatkan kepada ilmu sosial atau yang lebih mendekatkan ke lingkungan. Jadi pada intinya, sama aja antara IBD maupun IPS. Perbedaan yang didapat hanya berupa persoalan dimana mata pelajaran atau mata kuliah ini ditempatkan. Dan juga soal ruang lingkup yang dibahas. Pembasaan inti dan yang lainnya, sama saja kurang lebih tidak ada perbedaan.

     Pada tulisan kedua adalah mendalami hal tentang “Manusia dan Kebudayaan”. Dimana menjelaskan ke kita bahwa manusia dan kebudayaan memiliki hubungan yang sangat erat sekali, terutama untuk bangsa Indonesia. Sehingga dalam kata lain manusia adalah pelaku (user) dari kebudayaan, sedangkan kebudayaan adalah sebagai objek yang digunakan (used). jadi baik buruk kebudayaan adalah manusia yang menentukan sebagai penggunanya.

 

     Dan dalam tulisan saya yang ketiga “Tentang Konsepsi IBD dalam Kesusastraan”. Menekankan hubungan antara IBD dengan penggunaan tata bahasa di dalam melakukan penulisan. Sehingga memiliki arti atau keindahan yang dapat membuat orang menarik menggali ilmunya. Dengan kata lain konsepsi IBD dalam kesusastraan adalah pengimplementasian definisi ilmu budaya dasar dalam berbagai macam kesusastraan sehingga dapat membentuk suatu korelasi positif yang sifatnya simbiosis mutualisme diantara keduanya.

 

    Kemudian di tulisan yang keempat “Manusia dan Cinta Kasih”. Dalam kehidupan kita sehari-hari tentu manusia tidak bisa hidup sendiri, bahkan Tuhan aja sedih ketika melihat ciptaan pertama Adam sendirian di taman Eden. Maka diciptakanNya lah Hawa. Cinta Kasih adalah perasaan yang abstrak tidak dapat di nilai dalam bentuk apapun. Dan munculnya pun tidak dapat diperhitungkan dengan matematis. Dan dari lahir pun kita sudah mendapatkan ilmunya, yaitu dari Ibu kita.

 

    Selanjutnya pada tulisan yang kelima “Manusia dan Keindahan”. Hubungan keduanya adalah saling erat. manusia adalah sebagai pencipta sekaligus pengguna keindahan. Sedangkan keindahan itu sendiri objeknya. Sesuatu yang indah pasti akan memiliki sebuah arti atau nilai tersendiri dari mata penikmatnya. Namun keindahan itu ada 4, yaitu seni, alam, moral, dan intelektual.

 

    Namun sedikit menyedih pembahasan pada tulisan keenam “Manusia dan Penderitaan” memaparkan tentang penderitaan. Dimana tidak semua manusia mengalami kebahagiaan. Namun ada beberapa orang mengalami penderitaan atau sedang menanggung beban (masalah). Penderitaan terbagi dalam 3 hal, yaitu penderitaan, siksaan, dan kekalutan mental. Dan jika kita mengalami penderitaan baiklah kita untuk berjuang untuk meraih secercea harapan yang ada.

 

     Kemudian tulisan berikutnya adalah tulisan ketujuh “Manusia dan Keadilan”. Keadilan merupakan kata-kata yang selalu di serukan dalam setiap hal. Seperti dalam mendapat jaminan hukum dan lainnya. Keadilan adalah suatu kondisi dimana tidak memihak salah satu pihak (netral/penengah). Dan di dalam keadilan tentu perlu adanya sikap jujur sehingga tidak ada satu orang merasa dirugikan atau mendapatkan sesuatu yang tidak sesuai dengan fakta. 

 

     Selanjutnya tulisan kedelapan ialah “Manusia dan Pandangan Hidup”. Berbicara soal pandangan hidup tentu setiap individu memiliki pandangan hidup masing-masing. Namun apakah pandangan tersebut di terima oleh khayalak banyak? tentu tidak mudah untuk pandangan hidup seseorang diterima. Sebaiknya pandanga hidup itu ialah

  1. Cita-cita apa yang diinginkan yang mungkin dapat dicapai dengan usaha atau perjuangan.
2. Kebajikan segala hal yang baik yang membuat manusia makmur, bahagia, damai dan tenteram.
3. Usaha atau perjuangan adalah kerja keras yang dilandasi keyakinan.
4. Keyakinan atau kepercayaan, merupakan hal terpenting dalam hidup manusia.

 

     Akhirnya sampai  juga pada tulisan terakhir yang jatuh pada tulisan kesembilan “Manusia dan Tanggung Jawab”. Dalam hal ini tentu sudah tidak asing bagi telinga kita. Tanggung jawab adalah hal yang pasti dimiliki oleh setiap manusia mulai dari diciptakan oleh Tuhan. dan tanggung jawab terbagi atas.

    1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri

    2. Tanggung jawab terhadap keluarga

    3. Tanggung jawab terhadap masyarakat

    4. Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara

    5. Tanggung jawab terhadap Tuhan yang merupakan tanggung jawab kita paling utama.

Selain itu terdapat pengorbanan dan pengabdian sebagai wujud lain dari tanggung jawab.

 

Dan jika kalian penasaran untuk ingin tahu lebih lengkap silahkan buka saja posting tentang tulisan-tulisan tadi pada blog saya yaaw, thanks~ GBU o:)

 

 

 
Leave a comment

Posted by on June 29, 2013 in Uncategorized

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: