RSS

Tugas 3: Bahasa Indonesia 2#

01 Jun

Pendahuluan

  • Latar Belakang Masalah

Berbicara mengenai masalah-masalah sosial di  Indonesia tidak akan ada habisnya. Hal ini dikarenakan,  satu  masalah sosial dapat bercabang menjadi masalah sosial lainnya. Salah satunya adalah masalah kejahatan dan kriminalitas.  Tindak kejahatan dan kriminalitas yang akhir-akhir ini ramai diberitakan yaitu mengenai aksi pencurian kendaraan dengan kekerasan atau yang kerap disebut dengan begal motor. Aksi pembegalan  pun kini sudah semakin meresahkan, karena para pelaku sudah tak segan lagi membunuh korban jika melakukan perlawanan.

Salah satu kasus yang sebulan terkhir terjadi yaitu dua peristiwa perampasan yang terjadi di Depok dengan menyebabkan korban tewas.[1] Para pembegal juga biasanya tak beraksi sendirian, tapi berkelompok dan terorganisir.  Polda Metro Jaya mencatat, selama 2015, ada 93 begal ditangkap, termasuk tujuh yang ditembak mati.[2] Sementara untuk curas tercatat ada 43 kasus. Total pelaku yang tertangkap sejauh 2015 yakni 244 orang, termasuk dari 38 kasus pencurian dengan pemberatan dan 63 pencurian kendaraan bermotor.

Pelaku begal motor sendiri tak hanya dari kalangan orang dewasa, akan tetapi ada juga yang dibwah umur. Hal lain yang juga menjadi perhatian publik adalah pelaku begal yang beberapa diantaranya adalah anak-anak alias masih di bawah umur. Yang terakhir terjadi di Depok. Dua pelajar SMP yang masih berseragam, keduanya berusia 13 tahun, ditangkap warga seusai gagal membegal motor seorang tukang ojek.

Dilihat berdasarkan data diatas, tindak kejahatan dan kriminalitas seperti pembegalan sudah meresahkan sekali masyarakat, selain merugikan secara materil, perbuatan tersebut tak jarang menyebabkan korban tewas. Oleh karena itu, fenomena begal sebagai suatu masalah sosial di Indonesia akan penulis kaji dalam tulisan ini dengan judul “pembegalan sebagai bentuk  perilaku kejahatan dan kriminalitas”. Dalam tulisan ini digunakan teori sosiologi sebagai pisau analisis penulis dalam mengkaji fenomena begal tersebut.

  • Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:

  1. Apakah Pembegalan sebagai kriminalitas dan kejahatan serta merupakan perilaku menyimpang?
  2. Bagaimana usaha pemberantasan kejahatan pembegalan?
  3. Bagaimana gejala dan factor penyebab pembegalan?
  • Tujuan dan Manfaat

Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan dan manfaat penulisan adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui apakah pembegalan sebagai kriminalitas.
  2. Untuk mengetahui bagaimana usaha untuk memberantas pembegalan.
  3. Untuk mengetahui gejala dan factor dari pembegalan yang terjadi.
  • Metode Penelitian

Metode penelitian dalam paper ini menggunakan metode study kepustakaan yang merupakan kegiatan penelusuran dan penelaahan literature-literatur. Metode ini diperuntukan untuk melakukan penelitian yang dianggap sebagai bentuk survey dari data yang sudah ada dengan melacak informasi dari buku-buku, koran, iklan, majalah, dan internet.

  • Sistematika Penulisan

            Pada makalah penulis yang berjudul “PEMBEGALAN BENTUK DARI KEJAHATAN DAN KRIMINALITAS” dalam sistematika penulisan paper ini diuraikan sebagai berikut:

Bab 1     : Pendahuluan

Bab 2     : Kajian Teori

Bab 3     : Penutup

Penutup

 

  • Kesimpulan

Masalah kriminalitas dan kejahatan ini tidak dapat dihindari dan akan selalu ada. Sehingga wajar bila menimbulkan keresahan, karena kriminalitas dianggap sebagai suatu gangguan terhadap kesejahteraan penduduk daerah perkotaan serta lingkungannya. Salah satu tindak kejahatan dan kriminalitas yang sedang marak dan meresahkan masyarakat yaitu aksi merampas kendaraan dengan menyebabkan korban jiwa atau disebut dengan pembegalan.  Pembegalan merupakan gejala sosial yang di anggap sakit yang dilakukan oleh kelompok masyarakat karena dapat mengancam dan membahayakan kehidupan kelompok masyarakat lainnya. Pembegalan ini adalah merupakan tindakan dari masyarakat yang melanggar norma dan aturan aturan sosial yang ada di masyarakat.

Pembegalan jga termasuk ke dalam perilaku menyimpang, karena permbegalan merupakan perilaku yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Pembegalan terjadi karena proses belajar melalui interaksi sosial dengan orang lain, khususnya dengan orang-orang berperilaku menyimpang yang sudah berpengalaman. Oleh karena itu pembegalan sulit diberantas dan meresahkan masyarakat karena perilaku menyimpang ini sudah mengarah kepada jatuhnya korban jiwa.

  • Daftar Pustaka

Gosita Arif . Masalah Korban Kejahatan. Jakarta. Jakarta. 1983

Hisyam Julyati Cut, Sosiologi Perilaku Menyimpang, Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. 2013

Kompas.com. [Online] Januari 2015, 27. [Cited: Mei 17, 2015.]

http://megapolitan.kompas.com/read/2015/01/27/11385001/Dua.Pelaku.Begal.Depok.Ditangkap.Satu.di.Antaranya.Tewas.Tertembak.

Kartono Kartini. Patologi Sosial, Rajawali. Jakarta. 1981

Setiadi .M. Elly dan Usman Kolip, Pengantar Sosiologi : Pemahaman Fakta Dan

Gejala Permasalahan Sosial  Teori, Aplikasi, Danpemecahannya. Jakarta : Kencana. Cet.

  1. 2011

Sri Roswati 2015. tempokini.com. [Online] Febuari 27, 2015. [Cited: Mei 17, 2015.]

http://www.tempokini.com/2015/02/6499/

[1]Diakses melalui Kompas.com. [Online] Januari 2015, 27. [Cited: Mei 17, 2015.] http://megapolitan.kompas.com/read/2015/01/27/11385001/Dua.Pelaku.Begal.Depok.Ditangkap.Satu.di.Antaranya.Tewas.Tertembak.

[2]Diakses melalui Sri Roswati 2015. tempokini.com. [Online] Febuari 27, 2015. [Cited: Mei 17, 2015.] http://www.tempokini.com/2015/02/6499/.

Makalah Masos Mahasiswa UNJ.

Dosen: Rosi Rosidah

 
Leave a comment

Posted by on June 1, 2015 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: