RSS

Mobil Listrik, Tesla Motor

03 Apr

Tesla menurut saya adalah mobil listrik yang bagus sekali untuk terus di kembangkan. udah desainnya yang simpel dan futuristik (gak kaya mobil mainan) dan aman (gak nabrak tebing juga) tapi bisa berlari cepat juga. gausah lama silahkan baca saja hehehe…

Produsen mobil listrik Tesla Motor Inc meluncurkan layanan pembiayaan khusus untuk mobil listrik. Untuk menggarap layanan ini, Tesla bekerjasama dengan dua bank besar, Wells Fargo & Co dan U.S Bank.

Menurut Kepala Eksekutif Tesla, Elon Musk, layanan ini diluncurkan untuk mempertajam penetrasi pasar mobil listrik, terutama varian sedan yang harganya cukup mahal. Mobil yang akan masuk dalam skema ini adalah sedan Tesla Model S seharga US$ 62.400 atau sekitar Rp 607,46 juta. “Dengan skema ini, mobil listrik bakal terjangkau oleh semua segmen konsumen,” kata dia seperti dikutip dari Reuters, Rabu, 3 April 2013.

Dalam proyek pembiayaan ini, bank akan menyediakan uang muka senilai 10 persen dari harga jual mobil. Konsumen membayar sisa harga yang harus ditanggung dengan cara mencicil. Setelah mencicil 36 bulan, konsumen memiliki opsi untuk memiliki mobil tersebut dengan cara meneruskan pembayaran hingga 66 bulan atau atau menjualnya kembali kepada Tesla Motor.

Jika konsumen memilih opsi yang kedua, Musk menjamin harga beli mobil bekas tersebut masih cukup tinggi. Dia berjanji, nilai mobil bekas tersebut akan setara minimal dengan sedan Mercedes S Class. “Saya sendiri yang menjadi penjaminnya, dengan seluruh aset yang saya miliki,” ujar pengusaha pemilik aset US$ 2,7 miliar tersebut.

Strategi ini menjadi senjata baru Tesla untuk bersaing dalam pasar otomotif global. Seperti diketahui, mobil listrik masih menjadi anak tiri di tengah meriahnya pasar mobil berbahan bakar fosil dan hibrid. Dalam setahun, penjualan mobil listrik hanya berada di kisaran 12 ribu unit atau sekitar 0,1 persen dari total pasar kendaraan. Padahal mobil ini menjadi harapan di tengah menipisnya stok bahan bakar fosil.

Tesla Roadster

Tesla mulai memproduksi Roadster setir kanan untuk pasar Inggris, Australia dan sebagian Asia.

Interior Tesla Roadster.

Mobil seri-pertama buatan Tesla Motors, Tesla Roadster, adalah mobil sport pertama yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya. Berdasarkan hasil uji dari EPA, mobil ini dapat menempuh jarak sekitar 221 mil (356 km) dalam sekali pengisian baterai. Tesla Roadster dapat menempuh 0-60 mil per jam (0-100 km/jam) dalam waktu kurang dari 4 detik, dan memiliki kecepatan maksimum 125 mil per jam (201 km/jam). Pembatasan kecepatan maksimum yang hanya sampai 201 km/jam (tergolong rendah di kelas mobil sport yang standar kecepatan maksimumnya bisa mencapai di atas 300 km/jam) ini dilakukan demi keamanan. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengendarai mobil ini hanya sekitar US$0,02 per mil.

Prototip (rancangan awal)-nya diluncurkan pada Juli 2006, dan Tesla Roadster ini ditampilkan pada cover (sampul) [[Time (majalah)|majalah Time Magazine (terbit di AS) pada Desember 2006 sebagai penerima penghargaan “Best Inventions 2006 – Transportation Invention” yang diberikan oleh majalah tersebut. Seratus-unit pertama mobil ini habis terjual dengan waktu kurang dari 3 minggu, dan seratus-unit kedua habis terjual pada Oktober 2007. Pada tanggal 2 Mei 2008, lebih dari 600 unit Tesla Roadsters telah dipasarkan dan 400 unit lainnya menyusul dipasarkan. Produksi pertama mobil ini khusus dibuat untuk Elon Musk, sang direktur-utama, pada Februari 2008 and produksi massalnya dimulai pada tanggal 17 Maret 2008.

Banyak media massa yang memperbincangkan Roadster sejak peluncurannya, terutama pada situs website Tesla Roadster Review (http://www.allcarselectric.com/overview/tesla_roadster_2009), yang khusus membahas mobil elektrik secara mendetail. Mobil ini memiliki keistimewaan, yaitu: mesin elektriknya. Ini membuatnya dapat melesat di jalanan tanpa kebisingan suara mesin (tidak seperti mobil-sport lain yang ber-BBM). Dashboard-nya, selain menampilkan RPM and kecepatan, juga menunjukkan berapa arus listrik yang telah digunakan oleh mesinnya. Ada juga layar-indikator baterai untuk menampilkan sisa arus yang tersimpan pada baterainya, sekaligus juga sebagai indikator saat baterai diisi ulang (di-charge).

Pada tanggal 11 Januari 2009, Tesla mulai memproduksi Tesla Roadster Sport, versi baru Roadster dengan peningkatan performa mesin, dengan harga 128.500 dolar AS, dan akan mulai dipasarkan pada Juni 2009.

Tesla Roadster Sport 2.5, generasi keempat Roadster.

Tesla Model S

Selain memproduksi mobil sport, Tesla juga memproduksi sedan. Prototip (rancangan awal) sedan ini bernama “Whitestar”, dan kini dipasarkan dengan nama Tesla Model S. Mobil ini akan diperkenalkan sebagai model mobil untuk tahun 2012. Mobil ini didesain sebagai alternatif beberapa mobil sekelas, seperti BMW Seri 5 dan Audi A6, dengan kisaran harga mencapai US$50.000 (On the Road/sudah termasuk pajak, dalam hal ini pajak kendaraan di AS). Gubernur Negara Bagian California, Arnold Schwarzenegger, hadir pada peluncuran mobil ini dan beberapa waktu setelahnya, Arnold memberikan pernyataan bahwa mobil ini akan dibuat di pabrik-baru yang berlokasi di Hawthorne, California. Tesla Model S ini akan diproduksi pada akhir tahun 2011 dengan harga sekitar US$57.400 (Off the Road/tidak termasuk pajak).

Pada 26 Maret 2009, Tesla memperkenalkan desain Model S kepada masyarakat umum dengan memperkenalkan prototipnya. Kabinnnya berisi dashboard dengan sistem layar-sentuh (touch-screen) dan fitur lainnya yang sangat memukau. Mobil berkapasitas maksimum 7 kursi ini, dapat menempuh jarak 0-60 mil (0-100 km) per jam denagn waktu 5,5 detik. Mobil ini dapat menempuh sekitar 300 km sekali pengisian baterai dan listriknya dapat diisi pada outlet (stasiun pengisian listrik, sementara ini belum tersedia di Indonesia) dengan tegangan 120, 240, atau 480 volt. Selain itu, baterainya juga dapat diisi di rumah dengan charger khusus yang telah disediakan.

Konsep Mobil Masa-Depan

Tesla Motors ke depannya berencana untuk memproduksi mobil model-ketiga yang (mungkin) lebih menjanjikan keuntungan. Produksi model-baru ini, dengan nama prototip “BlueStar,” akan didanai dengan keuntungan dari penjualan Tesla Model S. BlueStar direncanakan akan dirilis pada tahun 2012 dan diberi harga sekitar US$30.000 per unitnya.

Keuntungan Penggunaan

Pemeliharaan mobil ini diklaim sangat irit biaya. Tidak ada penggantian oli, dan biaya pemeliharaan sistem rem pun juga irit biaya (Bandingkan dengan mobil bermesin bensin, penggantian oli, minyak rem, dan air radiator mutlak diperlukan untuk pemeliharaannya). Penghematan biaya perawatan sistem rem ini utamanya terjadi karena sistem regenerative braking yang diterapkan pada mobil ini (begitu juga pada mobil-listrik lainnya). Sistem regenerative braking ini adalah sistem pengereman yang unik dan menguntungkan. Saat pedal gasnya dilepas sedikit, mesin akan mengambil energi dari perlambatan laju mobil untuk mengisi baterai. Ini membuat pedal rem tidak begitu perlu diinjak untuk memperlambat laju mobil ini. Hanya dengan melepas pedal gasnya, perlambatan-otomatis yang dilakukan mobil ini kurang lebih sama dengan perlambatan saat pedal rem pada mobil-bensin biasa, diinjak oleh pengendaranya (Selain itu, pemakaian tenaga baterai menjadi lebih irit). Transmisinya hanya bergigi dua (Persnelingnya terdiri dari N/Gigi Netral, Gigi 1, dan Gigi 2), namun akselerasi (daya laju)-nya cukup cepat.

sumber

http://id.wikipedia.org/wiki/Tesla_Motors

http://www.tempo.co/read/news/2013/04/03/123471060/Tesla-Luncurkan-Skema-Leasing-Khusus-Mobil-Listrik

 
Leave a comment

Posted by on April 3, 2013 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: